Tips Saat Bekerja Setelah Melahirkan

Dec 7, 2013

Melahirkan merupakan proses alamiah yang dialami oleh wanita begitu juga dengan wanita yang bekerja atau wanita karir, hal  ini menjadi pertimbangan ketika wanita melahirkan dan harus kembali bekerja seperti biasanya dengan semangat dan juga tidak membuat si kecil kesepian atau kehilangan asupan ASI, berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk membuat semangat bekerja pasca melahirkan :

1.    Mempersiapkan Diri
Memasuki masa cuti melahirkan yang akan segera usai sebaiknya anda segera mempersiapkan diri untuk bisa kembali berkonsentrasi dengan pekerjaan anda. Menggunakan waktu yang tersisa dengan merawat bayi anda sehingga tidak terbebani secara fsikis ketika akan kembali bekerja.
 
2.    Dukungan dari Suami
Setelah mempersiapkan diri untuk kembali bekerja, anda harus dapat menerima keadaan untuk membagi waktu antara keluarga termasuk si kecil yang masih sangat membutuhkan anda dan juga pekerjaan. Anda dapat mengelola emosi anda sehingga tidak terlarut dalam kesedihan dan juga mendapatkan dukungan dari suami dan keluarga besar. 

3.    Menjaga Komunikasi
Penting sekali untuk anda dalam menjaga komunikasi antara anda dengan orang yang berada di rumah, untuk menanyakan dan mengingatkan mengenai perkembangan si kecil selama anda berada di kantor. Dengan demikian anda dapat mengawasinya sesekali meskipun sulit membangun kepercayaan dengan orang rumah lambat laun anda akan terbiasa.

4.    Melatih Bayi minum Asi dari Botol
Tak kalah pentingnya adalah persiapan yang harus anda lakukan dengan dukungan dari anak anda sendiri, persiapkan anak anda untuk mengkonsumsi asi dari botol sehingga hal ini memudahkannya untuk terbiasa dalam mengkonsumsi asi selama anda berada di luar rumah.
5.    Mengatur jadwal dengan baik
Kembali bekerja dan juga memiliki kewajiban merawat dan membesarkan anak memang tidak mudah akan tetapi apabila anda memiliki pengaturan waktu yang baik maka anda dapat memilih mana yang akan diutamakan lebih dahulu supaya tidak berbenturan.

6.    Memanfaatkan Bantuan
Selagi anda dapat membaginya dengan orang terdekat yaitu suami maka anda dapat membagi tugas sesampainya di rumah. Apabila suami anda memang tidak dapat membantu anda dikarenakan tugas luar kota maka anda dapat mempersiapkan pengasuh jauh hari sebelum anda bekerja, hal ini dilakukan karena anak anda perlu mengenal pengasuh dan sudah mulai terbiasa dengan kehadirannya. Anda sebaiknya tidak menangani sendiri masalah di rumah, anda dapat meminta pertimbangan pada keluarga apabila akan memilih pengasuh untuk si kecil.

7.    Sisakan Waktu Untuk Diri Anda
Gunakan waktu untuk diri anda sendiri memanjakan sisa waktu yang tersisa di akhir pekan. Apalagi untuk anda yang sibuk dengan rutinitas kerja, sesekali anda dapat mengajak keluarga untuk sekedar menikmati waktu berkebun, berwisata atau makan bersama.

8.    Kenakan Pakaian
Anda dapat mengenakan pakaian kerja yang nyaman sesuai dengan kondisi tubuh anda sekarang. Perubahan berat badan akan membuat baju anda tidak nyaman digunakan, anda dapat memilih beberapa baju yang nyaman dengan ukuran yang sesuai dengan berat badan anda sekarang sebelum anda melakukan program diet kembali.

9.    Perah Asi di Tempat Kerja
Anda dapat mengomunikasikan dengan atasan anda mengenai kebutuhan si kecil sehingga anda dapat menggunakan istirahat makan siang untuk memerah asi bagi persediaan si kecil selanjutnya.
Dengan demikian bagi anda, wanita karir atau memiliki kesibukan di luar rumah setelah melahirkan sebaiknya anda dapat profesional dalam bekerja dan juga merawat sikecil, sehingga tidak akan berpengaruh pada psikis anda yang menjadi depresi dan stress berkepanjangan karena tidak dapat mengatasinya.
Artikel Terkait Lainnya :
        Terima Kasih Telah Berkunjung
        Anda Sedang Membaca: Tips Saat Bekerja Setelah Melahirkan
Ditulis Oleh :Unknown
        Jika mengutip harap berikan link DOFOLLOW yang menuju pada artikel ini ya.. Tips Saat Bekerja Setelah Melahirkan Semoga Artikel Blog Ini Bermanfaat bagi Kita Semua Terutama Calon Ibu